Ketika memotong part model kit dari runner, Qlafers harus memperhatikan cara potongnya untuk menghasilkan part yang rapi. Biasanya pemula menggunakan cara-cara yang apa adanya, seperti menggunakan :

  • gunting kuku
  • gunting kertas
  • dikoyak biasa menggunakan tangan
Contoh stress mark pada plastik

Cara-cara ini akan membuat plastik tertekan. Sehingga menghasilkan warna-warna putih pada plastik (stress mark).

contoh nub mark kecil

Bisa juga proses potong yang tidak rapit mengakibat kan nub mark (bekas tonjolan). Tonjolan ini terjadi karena sisa jalur cetakan plastik dari part tersebut terpotong tidak rapi sehingga menjadi agak kasar.

Apa Qlafers ingin hasil potong seperti ini? Tentu tidak kan? Disini aku akan kasih cara sederhana untuk menghasilkan hasil potong lebih rapi.

Alat yang dibutuhkan :

  • Nipper biasa (alat seperti tang yang digunakan untuk memutus plastik)
  • Pen cutter 45º
  • Cutter dengan ujung chisel 90º

Cara :

Cara potong menggunakan nipper

Cek manual book untuk melihat part yang ingin dipotong. Lihat huruf dan angka letak part tersebut. Berada di runner yang mana? Semisal part B5. Ambil runner B, cari part nomor 5. Kemudian, dengan menggunakan nipper biasa, potong sisi-sisi part dari bawah. Potong dengan jarak yang jauh dari sisi part agar sisi part tetap aman.

Potong part dari bawah dan sisakan sisa nub

Setelah terlepas dari runner, maka Qlafers akan melihat di sisi-sisi part tampak ada seperti tanduk-tanduk. Inilah yang dinamakan “nub”. Cara menghilangkan nub ini dengan rapi adalah dengan mengiris menggunakan pen cutter 45º atau menggunakan chisel 90º.

Untuk jangka lama, aku pribadi lebih memilih untuk menggunakan blade 45º karena lebih dapat mengiris menghasilkan hasil yang rapi. Juga meminimkan proses menekan plastik yang dapat menimnulkan stress mark. Dilain sisi, jika menggunakan chisel 90º, proses menekan selalu terjadi dan kesempatan menimbulkan stress mark lebih tinggi.

Seperti itu cara potong part yang lebih rapi jika dibandingkan cara-cara biasa menggunakan gunting kuku, gunting kertas, atau hanya dengan jari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih mulus, Qlafers memerlukan bantuan amplas, cara memuluskan permukaan lebih jauh lagi dapat dilihat di tutorial berikut ini : mengkinclongkan part kembali.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.